SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI - TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI - TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA - SILAHKAN TINGGALKAN PESAN ANDA

21 Januari 2012

Budaya

Indonesia terkenal dengan beragam kebudayaan. Budaya-budaya yang sejak lama harus tetap dipertahnkan. Budaya tersebut merupakan warisan para pendahulu. Masyarakat Indonesia sejak tergerus dengan teknologi yang begitu hebat menggerus budaya peninggalan masyarakat kita akhirnya kondisi dan keberadaan saat ini jauh lebih mengadopsi budaya- budaya asing. Budaya kita terus menghiang dan dirasakan tidak memperlihatkan lagi ciri khas keindonesiaannya.
Akhirnya Budaya asing terus merajalela dan merupakan musibah bagi tradisi masyarakat Indonesia. Lebih memprihatinkan lagi yaitu kondisi para remaja saat ini sudah menyimpang dari norma-norma, baik norma agama, buadaya, tradisional.
Kehaancuran itulah yang mengakibatkan masyarakat indonesia khususnya di kalangan remaja tidak memiliki etika kehidupan yang sesuai budaya Indonesia. Termasuk kalangan anak-anak sekolah sudah tidak pandai lagi menghrgai orang lain. termasuk orang tua, guru atau siapapun.
Budaya yang begitu banyak ragamnya perlu dijaga, khususnya budya yang ada di sekitar kabbupaten Kuningan. Kabubpaten Kuningan sangat kaya dengan ragam bahasanya, tata cara kehidupannya, dan budaya-budaya lainnya.
Dan budaya Kuningan termasuk yang ada di wilayah Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan. Seperti Buday Nyungsung. Kenalkah dengan budaya nyungsung ?. Tahun 1980 -an Budaya nyunsung begitu terasa. Ketika akan menjelang panen, masyarakat sangat antusias dengan kehadiran panen yang sangat ditungg-tunggu oleh masyarakat.
Budaya Nyungsung biasa dilaksanakan di sawah masyarakat masing-masing. dengan membawa makanan yang mungkin masyarakat yang belum melihatnya agak aneh juga.


0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More