Jalan
Siliwangi No. 106 Ciawigebang – Kuningan 45591 Telp.(0232) 878326
Pilihlah salah satu jawaban yang tepat !
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor1 s.d. 3!
(1) Pendidikan
profesi merupakan pendidikan
tinggi setelah program sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memasuki
suatu profesi atau menjadi seorang profesional. (2) Salah satu yang dikembangkan dalam
pendidikan tinggi dalam keprofesian adalah yang disebut program diploma, mulai
dari D1 sampai dengan D4 dengan berbagai konsentrasi bidang ilmu keahlian. (3)
Konsentrasi pendidikan profesi, yaitu para mahasiswa lebih diarahkan kepada
minat menguasai keahlian tertentu. (4) Dalam bidang keahlian dan keprofesian
khususnya Desain Komunikasi Visual terdapat jurusan seperti Desain Grafis untuk
D4 dan Desain Multimedia untuk D3 dan Desain Periklanan D3. (5) Dalam proses
belajar mengajar dalam pendidikan keprofesian akan berbeda dengan jalur
kesarjanaan S1 pada setiap bidang studi tersebut. (6) Pendidikan biasanya
berawal pada saat seorang bayi itu dilahirkan dan berlangsung seumur hidup.
D.Mahasiswa diarahkan kepada minat keahlian
tertentu.
E.Pendidikan berawal saat seorang bayi itu
dilahirkan.
2.Arti kata profesi pada kalimat nomor (1) dalam paragraf tersebut adalah ... .
A.pekerjaan yang digeluti oleh seseorang
secara sungguh-sungguh.
B.seseorang yang menyediakan waktunya untuk
menekuni pekerjaan
C.bidang pekerjaan yang dilandasi oleh
pendidikan keahlian tertentu
D.kegiatan yang memiliki aturan-aturan yang
jelas atau sudah ditetapkan
E.pekerjaan resmi yang digeluti oleh
seseorang untuk kehidupannya
3.Kalimat yang tidak padu dengan kalimat utama tersebut adalah nomor ... .
A.(1)B.(3)C.(4)D.(5)E.(6)
Cermati teks berikut untuk soal nomor 4 s.d. 6!
(1) Upaya-upaya
pemerintah melestarikan budaya tradisional perlu dilakukan di tengah serbuan
budaya modern dari luar. (2) Hal ini dilakukan karena kurang ketertarikannya
masyarakat Indonesia terutama generasi muda untuk melestarikan. (3) Selain itu,
seiring dengan perkembangan zaman modern produk budaya bukanlah milik kolektif
seperti ketika masa agraris, melainkan milik individualis atau sekelompok
etnis. (4) Segala produk budaya, baik termasuk kesenian kontemporer maupun
tradisional diberi cap milik individu atau sekelompok masyarakat, bahkan sebuah
bangsa. (5) Nah, ketika masyarakat kita lalai memberi cap tersebut pada produk
budaya sendiri, terjadilah pencurian budaya oleh bangsa lain yang kemudian
diklaim sebagai produk budaya bangsa tersebut. (6) Prof. Dr. Edi Sedyawati,
mantan Dirjen Kebudayaan, dalam suatu acara budaya di Jakarta mengatakan bahwa
harus ada perlindungan budaya yang lebih jelas berupa undang-undang yang khusus
untuk perlindungan karya budaya tradisional. (7) Keanekaragaman budaya
Indonesia yang terdiri dari ribuan etnis itu harus bisa dipatenkan agar tidak
dicuri oleh bangsa luar untuk kepentingan sendiri.
4.Ide pokok paragraf tersebut terletak pada
kalimat nomor ... .
A.perlunya upaya pelestarian budaya
tradisional
B.tercemarnya budaya oleh generasi muda
C.produk perkembangan budaya zaman modern
D.kelalaian masyarakat memberi cap budaya
E.keanekaragaman budaya Indonesia
5.Bagaimana
upaya agar budaya tradisional kita tidak dicuri oleh bangsa luar untuk
kepentingan sendiri?
Jawaban pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf
adalah ...
A.Budaya Indonesia yang terdiri dari ribuan
etnis itu harus dijaga dengan baik dengan cara mencintai budaya sendiri
daripada budaya luar.
B.Dengan mengikuti perkembangan zaman modern
tanpa melupakan makna dari budaya tradisional itu sendiri sehingga kita merasa
memiliki.
C.Harus ada perlindungan budaya yang lebih
jelas berupa undang-undang yang khusus untuk perlindungan karya budaya
tradisional.
D.Segala produk budaya, baik termasuk
kesenian kontemporer maupun tradisional diberi cap sekelompok masyarakat atau
sebuah bangsa.
E.Menanamkan rasa ketertarikannya masyarakat
Indonesia, terutama generasi muda untuk pelestarian budaya tradisonal.
6.Kalimat fakta dalam paragraftersebut terdapat pada nomor ... .
A.(6)
B.(5)
C.(4)
D.(3)
E.(2)
7.Cermati paragraf berikut!
Salah satu stasiun televisi swasta pada
tayangan dini hari di akhir pekan beberapa waktu lalu, menyajikan wayang kulit,
kesenian tradisional dari pesisir Jawa Tengah. Saat itu, para penggemar wayang
kulit yang tadinya sukar menyaksikan kesenian kesayangan mereka itu karena
langkanya pementasan di berbagai tempat dan juga jauh dari tempat tinggal,
sangat terhibur dengan acara itu. Penayangan itu memudahkan penggemar atau
pemirsa bersama keluarga menikmati acaranya di layar kaca tanpa harus beranjak
dari rumah mereka. Dengan demikian, stasiun televisi yang peduli dengan budaya
tradisional itu, sebenarnya telah melakukan upaya pelestarian budaya tradisonal
tersebut.
Kalimat simpulan paragraf tersebut adalah ...
A.Berbagai model dan upaya dapat dilakukan
bangsa Indonesia untuk melestarikan budaya tradisional kita.
B.Kondisi masyarakat yang beragam budaya
dengan acara pertunjukan akan membantu pelestariannya.
C.Minimnya pendidikan budaya dengan
pertunjukan salah satu upaya pelestarian budaya tradisional tersebut.
D.Stasiun televisi yang menayangkan budaya
tradisional turut melakukan upaya pelestarian budaya tradisonal.
E.Lemahnya pengontrolan budaya tradisonal
dapat memudahkan hilangnya budaya bangsa kita yang sudah lama.
8.Cermati penggunaan kata dalam paragraf berikut!
(1) Sejumlah aktivis mahasiswa di Makassar
meminta aksi demo dan tawuran dipisahkan karena dua hal itu memiliki esensi dan
pemicu berbeda. (2) Mereka menolak kedua hal itu digeneralisasi untuk menyebut
mahasiswa anarkhis. (3) Aksi demo diyakini sebagai wujud panggilan jiwa
dan solidaritas sosial mahasiswa terhadap permasalahan masyarakat. (4)
Sementara tawuran adalah perbuatan kriminil yang kerap terjadi akibat
solidaritas dan fanatisme yang sempit antarkelompok mahasiswa. (5) Untuk mensikapi
kebijakan pemerintah dan tawuran adalah dua hal yang sangat berbeda. (6) Secara
konteks dan tujuan juga sama sekali tidak berhubungan dengan masalah.
Kata yang tidak baku yang
bergaris bawah terdapat pada kalimat nomor ... .
A.(1), (2), dan (4)
B.(1), (3), dan (4)
C.(2), (4), dan (5)
D.(3), (4), dan (5)
E.(4), (5), dan (6)
9.Cermati kutipan tajuk rencanaberikut!
(1) Pengantisipasi berbagai
persoalan diperlukan kebijakan untuk melindungi industri, produksi, berikut
pasar dalam negeri dari serbuan produk impor ilegal. (2) Insentif fiskal untuk
menggerakkan sektor riil dan mendongkrak daya beli, sementara belanja
pemerintah sangat diharapkan mengucur dalam porsi yang lebih besar untuk
pembangunan infrastruktur supaya menciptakan lapangan kerja. (3) Apalagi jika
investasi masih bisa dipertahankan, rasanya pertumbuhan ekonomi yang
diperkirakan pemerintah 4,5 persen bisa dicapai. (4) Syarat lain dan paling
penting adalah harmonisasi orkestrasi kabinet. (5) Setiap menteri mengerjakan
tugasnya dengan kesungguhan hati di tengah hiruk-pikuk masa-masa pemilihan
umum. (6) Tidak boleh ada menteri menonjol sendiri, apalagi merasa
supermenteri, sebaliknya tidak boleh ada yang loyo.
Opini penulis dalam paragraf tajuk rencana tersebut adalah kalimat nomor
... .
A.(1), (2), dan (3)
B.(2), (3), dan (5)
C.(3), (4), dan (5)
D.(3), (5), dan (6)
E.(4), (5), dan (6)
Cermati data tabel berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!
Jumlah Pengangguran di Provinsi Baru
10.Kalimat pernyataan yang sesuai isi diagram
tersebut adalah ...
A.Jumlah pengangguran setelah tahun 2006
mengalami penurunan yang drastis.
B.Tingkat pengangguran pada tahun 2007
hampir sama dengan tahun 2006.
C.Jumlah pengangguran makin lama makin
meningkat jumlahnya.
D.Dari tahun 2007 ke tahun 2008, jumlah
pengangguran mengalami penurunan.
E.Pengangguran paling banyak pada tahun 2006
dan tahun 2007.
11.Kalimat kesimpulan yang sesuai dengan isi
diagram tersebut adalah ...
A.Jumlah pengangguran selalu meningkat pada
tahun 2006 s.d. 2008 terjadi di Provinsi Baru.
B.Dari tahun 2006 s.d. 2008 jumlah
pengangguran di Provinsi Baru selalu menurun tajam.
C.Kenaikan jumlah pengangguran di Provinsi
Baru dari tahun 2006 s.d. 2008 selalu konstan.
D.Jumlah pengangguran di Propinsi Baru dari
tahun 2006 s.d. 2008 mengalami pasang surut.
E.Naik turun jumlah pengangguran di Provinsi
Baru terjadi pada tahun 2006 s.d. 2008.
Cermati paragraf berikut!
Pendidikan anak usia dini (PUD) salah satu
bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar
pembinaan ... pertumbuhan ... perkembangan anak lebih baik. Pertumbuhan tersebut meliputi fisik koordinasi motorik halus dan kasar. ...,
dengan PAUD membantu mengembangkan kecerdasan daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi,
spiritual, sosial, emosional,
sikap dan perilaku. Penanaman pendidikan agama, bahasa dan komunikasi anak ...
dapat terbantu. Perkembangan itu disesuaikan ... keunikan dan tahap-tahap
perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
12.Kata penghubung yang tepat untuk
melengkapi bagian yang rupang pada paragraf tersebut adalah ...
A.agar, dan, di samping itu, juga, dengan
B.jika, begitu pula, karena, serta, dengan
C.namun, dan, hingga, juga, oleh
D.hingga, dan, di samping itu, walau, oleh
E.agar, juga, dan, serta, tersebut
13.Cermati paragraf berikut!
Akhir Agustus 2008 di sekitar ... universitas
tersebut berakhir ricuh.
Kericuhan itu, sepertinya memang ada yang ... supaya aksi itu ricuh. Akhirnya,
tidak hanya membuat tiga mahasiswa dan empat polisi ... hingga harus dilarikan
ke rumah sakit dengan mobil ... Namun, pesan yang ingin disampaikan oleh kami
untuk pengesahan Rancangan Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan harus ditolak
karena akan menyebabkan mahalnya biaya pendidikan, kurang sampai kepada
masyarakat.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi bagian yang
rumpang dalam paragraf adalah ....
A.komplex, memprofokasi, cendra, ambulance
B.kompleks, memprovokasi, cedera, ambulans
C.komplek, memprovokasi, cedera, ambulance
D.komplex, memprofokasi, cedera, ambulanc
E.kompleks, memprofokasi, cedra,
ambulans
14.Cermati paragraf berikut!
Tujuan utama: untuk ... anak
Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan ... sesuai dengan
tingkat ... anak sehingga memiliki kesiapan yang optimal dalam memasuki
pendidikan dasar serta ... kehidupan di masa dewasa. Tujuan penyerta: untuk
membantu ... anak mencapai kesiapan belajar secara akademik di sekolah.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi bagian
yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ... .
Premis Khusus:
Destia peduli kepada nasib orang miskin.
Simpulan:
Destia akan memberi bantuan dengan tulus.
Pernyataan yang benar untuk mengisi PU adalah ...
A.Yang memberi dengan tulus bantuan yang
mendapat kepedulian dari orang.
B.Yang suka membantu orang miskin yang
peduli kepada nasib orang miskin.
C.Anak yang suka membantu orang miskin peduli
kepada nasib orang miskin
D.Yang peduli kepada nasib orang miskin akan
memberi bantuan dengan tulus.
E.Seorang pemberi bantuan dengan tulus yang
peduli kepada orang miskin.
16.Cermati paragraf berikut!
Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada Mei
2008 menjadi isu besar dan dirasakan masyarakat luas, yang diangkat mahasiswa
dalam aksinya pada tahun tersebut. Akan tetapi, ini sebuah kemunduran besar
karena mahasiswa seperti lepas dari induknya, yaitu “rakyat”. Kemunduran lebih
besar lagi terjadi ketika mahasiswa tidak dapat menyelesaikan masalahnya dengan
cara demokratis. Malahan berujung baku hantam dengan aparat, tidakan anarkis.
...
Kalimat yang berupa akibat untuk melanjutkan paragraf tersebut adalah ...
A.Jadi, kami hanya bisa berdoa agar
pemerintah mengerti tujuan mahasiswa itu.
B.Tidak ada lagi yang mau membela mahasiswa,
selain meneruskan perjuangan.
C.Banyak kerugian materi dan korban jiwa di
pihak aparat dan mahasiswa.
D.Itulah kenangan yang tidak dapat kami
lupakan sebagai penyesalan panjang.
E.Semua orang pasti akan menyesali peristiwa
yang mereka lakukan itu.
17.Cermati paragraf analogi berikut!
Sebuah pedati berjalan
menuju suatu tempat, rodanya akan berputar sesuai arah tersebut. Rodanya akan
menempuh jalan yang keadaannya beragam. Ada jalan yang lurus mulus, ada yang
berbelok-belok belobang-lobang. Ada yang becek, penuh batu kerikil. Bila
melewati jalan yang kondisinya bagus, pedati akan melaju tenang. Akan tetapi,
bila menempuh jalan yang kondisinya buruk, tentu memerlukan kehati-hatian agar
jalan pedati tidak oleng dan jangan sampai celaka dan kondisi roda haruslah
kuat pula supaya tidak patah sebelum sampai di tujuan dengan selamat. Begitu
pula kehidupan yang dilalui oleh manusia. Adakalanya lancar berhasil, ada pula
yang sulit, penuh cobaan dan masalah yang memerlukan kesabaran dan kekuatan
hati. Apakah seseorang akan berputus asa? Sangat bergantung kepada kekuatan dan
ketegaran hatinya. ...
Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebutadalah ...
Hidup
ini pada dasarnya tidak selalu mudah, bagus, atau lancar, tetapi ada yang
mendapatkan berbagai cobaan atau rintangan.
Jadi,
kehidupan manusia itu ibarat perputaran roda pedati menuju suatu tempat
dengan beragam kondisi jalan yang ditempuhnya.
Dengan
demikian, kita manusia akan diuji kesabaran, kekuatan kita dengan berbagai
cobaan dan memerlukan berbagai cara untuk mengatasi.
Manusia
dan roda perlu perhatian supaya dapat menempuh suatu jalan yang mulus
penuh rintangan dan kendala yang dapat mencelakakan.
Akhirnya,
manusia mengetahui apa yang harus dilakukannya agar apa yang akan
dicapainya dapat diraihnya tanpa rintangan dan selamat.
18.Cermati kutipan pidato berikut!
Saudara-saudara yang saya hormati,
Perbaikan kualitas bangsa
harus ditempuh dan terutama melalui pendidikan. Pendidikan itu proses yang
panjang, yang tidak henti-hentinya untuk mencapai satu tujuan dan terbuka untuk
menerima ide-ide dan konsep-konsep baru. Itu makna pendidikan sehingga suatu
saat hasil dari pendidikan itulah yang akan menumbuhkan budaya baru dengan
manusia yang cerdas.
Selama manusianya cerdas maka ia mempunyai kebijakan dan kebajikan dalam
jiwanya secara cerdas pula. ...
Kalimat persuasi yang tepat
untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A.Saudara-saudara, betapa bangganya kita
memiliki kelak anak-anak bangsa yang cerdas dan dapat mengatur negara
sebaik-baiknya dan dapat sejajar dengan negara dan bangsa lainnya.
B.Jadi, kalau generasi kita sudah maju,
dalam arti kata dimajukan oleh anak-anak bangsa yang cerdas dan bijaksana, kita
akan berbangga dan menjadi bangsa yang besar di dunia ini.
C.Betapa pentingnya anak-anak bangsa bagi
bangsa sebagai penerus pembangunan negara dan memajukan bangsa dari
keterpurukan di berbagai bidang yang membuat kita tertinggal.
D.Oleh sebab itu, marilah kita sukseskan
gebrakan wajib belajar sepanjang hayat pada seluruh bangsa kita agar kelak
memperoleh generasi pembangun bangsa yang cerdas dan bijaksana.
E.Didiklah anak kita dengan pendidikan yang
mengarah kepada pengembangan bakat mereka agar mereka dapat merasa nyaman dan
senang dalam mengikuti pelajaran yang diberikan.
19.Cermati paragraf generalisasi berikut!
Setelah dilakukan pengamatan
pelaksanaan kompetisi olahraga bidang persepakbolaan Indonesia, dapat dihimpun
bukti-bukti negatif yang menyertai kompetisi tersebut. Bukti-buktinya sebagai
berikut: banyak klup persepakbolaan yang belum sportif mengikuti peraturan
sepakbola, melakukan keributan saat pertandingan. Suporter banyak yang tidak tertib
dan tidak tahu aturan, bahkan ada yang tidak segan-segan merusak stadion dengan
segaja. Yang paling parah lagi, masih terdapat kecurangan penyekoran dari wasit
yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. ...
Kalimat yang tepat untuk simpulan paragraf tersebut adalah ...
Dengan
demikian, persepakbolaan Indonesia tidak akan menang-menang dalam
bertanding.
Jadi,
disimpulkanbahwa baru sedikit klub
persepakbolaan yang taat akan peraturan.
Boleh
dikatakan bahwa klub persepakbolaan tersebut harus banyak melakukan
latihan.
Memang
sudah sejak lama kita ketahui bahwa pemandangan seperti itu sering
terjadi.
Dapat
dikatakan bahwa persepakbolaan Indonesia belum dapat dikatakan
profesional.
20.Bacalah iklan berikut dengan cermat!
Dibutuhkan beberapa tenaga pemasaran
untuk memasarkan suatu produk baru elektonik.
Dengan persyaratan sebagai berikut :
(1)Pendidikan S-1, DIII
(2)Usia maks 25 th.
(3)Pengalaman kerja min 1 th
Lamaran dikirim ke PO Box 123/Jkt 1004
Kompas, 11 Maret 2009
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan
tersebut adalah ...
A.Sehubungan dengan
iklan yang dimuat di Kompas, 11 Maret
2009, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi tenaga pemasaran.
B.Membaca iklan yang
dimuat di Kompas, 11 Maret 2009 maka
saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi tenaga pemasaran tersebut.
C.Dengan iklan yang
dimuat di Kompas, 11 Maret 2009
makanya saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi tenaga pemasaran
tersebut.
D.Berminat dengan
iklan yang dimuat di Kompas, 11 Maret
2009, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk pengisian tenaga kerja itu.
E.Berdasarkan dengan
iklan yang dimuat di Kompas, 11 Maret
2009, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mendapatkan pekerjaan.
21.Penulisan yang tepat pemerian identitas
pelamar dalam surat lamaran pekerjaan ...
Nama:
Sania, S.PD.
Tempat tanggal lahir: Bekasi, 26 Agustus 1987
Alamat:
Jln.Dahlia 12, Bekasi
nama :
Sania, S.Pd.
tempat tanggal lahir: Bekasi, 26 Agustus 1987
alamat: Jalan.Dahlia 12, Bekasi
Nama:
Sania, S.Pd.
tempat tanggal lahir:
Bekasi, 26 – 08 - 1987
Alamat:
Jalan.Dahlia12, bekasi
nama:
Sania, S.Pd.
tempat tanggal lahir: Bekasi, 26 Agustus 1987
alamat :
Jl.Dahlia12 Bekasi
Nama:
SANIA, S.Pd.
Tempat tanggal lahir: BEKASI, 26 AGUSTUS 1987
Alamat
: JALAN DAHLIA12,
BEKASI
22.Cermati kalimat penutup surat lamaran pekerjaan berikut!
Demikianlah
surat lamaran saya sampaikan, sebelum dan sesudahnya diucapkan terima kasih.
Perbaikan yang tepat kalimat penutup surat lamaran
pekerjaan tersebut adalah...
Demikian surat lamaran ini. Atas
perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
Demikianlah surat ini. Atas bantuan
Bapak saya mengucapkan terima kasih banyak.
Demikian surat lamaran saya. Atas perhatian
Bapak saya mengucapkan terima kasih.
Demikianlah, atas perhatian Bapak
saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.
Saya berharap Bapak menerima
saya.Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.
23.Cermati urutan kalimat berikut!
(1)Tiba-tiba kawanan serangga bernama
belalang kumbara berwarna hitam datang berputar-putar di atas ladang dan
kemudian masuk ke areal pertanaman padi yang sedang menguning.
(2)Sinar matahari mendadak terlihat lembut
dan suram.
(3)Seketika padi yang sudah mulai menguning
berubah menjadi hitam karena dihinggapi ribuan belalang.
(4)Bersamaan dengan lembut dan suramnya
matahari, terdengar suara berdengung dari balik hutan, berasal dari tipuan
angin yang menghantam dedaunan di hutan sekitarnya.
Urutan kalimat yang tepat untuk dijadikan paragraf
yang baik adalah ... .
A.(2), (4), (1), dan (3)
B.(2), (3), (1), dan (4)
C.(3), (4), (1), dan (2)
D.(4), (3), (1), dan (2)
E.(4), (1), (2), dan (3)
24.Cermati paragraf deskripsi berikut!
Padang ilalang itu amat
luas. Di sela-sela dedaunannya yang panjang terurai itu, muncul bunganya
berbentuk bulat panjang berwarna putih, seperti kapas yang dibalutkan ke
tangkai lidi kecil. Bila angin bertiup helai daun beserta bunga bergoyang. ...
Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi
bagian rumpang pada paragraf tersebut adalah ...
Fungsi
tangkai bunga itu pada umumnya sebagai penyanggah mahkota bunga.
Warna
bunga ilalang putih, bersih, dan sangat lembut, dan halus seperti kapas.
Tangkai
bunga berwarna cokelat, sangat kecil, dan sangat mudah patah.
Daun
bunganya panjang lonjong, permukaanya kesat, dan pinggir daunnya tajam.
Goyangan
dedaunan dan bunganya ke kiri dan ke kanan seakan berirama.
25.Cermati paragraf deskripsi berikut!
Jarum jam terdengar berdetak
... . Malam itu terasa ... . Detak jam diding semakin keras. Aku menarik
selimutku untuk menutupi wajahku. Sayup-sayup terdengar bunyi langkah menuju ke
arah dapur yang berdampingan dengan kamar tidurku. Aku mengonsentrasikan
perhatianku mengikuti bunyi langkah tersebut. Jantungku sekarang berdegup ... .
Langkah itu semakin menghilang. Aku pelan-pelan mengangkat tubuhku lalu
bersender ke tiang tempat tidur. Tiba-tiba pintu kamarku ada yang mengetuk.
Dengan spontan aku berteriak ... . memanggil ibuku. Akan tetapi, teriakanku
terhenti setelah mendengar kakakku memanggil namaku, “Ada apa Nit?”
Frasa adjektiva yang tepat untuk melengkapi bagian
yang rumpang pada paragraf tersebut adalah ...
A.hampir keras, hampir sunyi, kencang amat,
tidak keras
B.tidak keras, sunyi sekali, kencang sekali,
hampir keras
C.sedikit keras, sunyi sekali, kencang
sekali, keras sekali
D.sangat keras, sunyi sekali, kencang
sekali, keras sekali
E.sangat keras, sunyi sekali, tidak kencang,
keras sekali
26.Cermati judul karangan berikut!
pentingnya
pendidikan keterampilan di sekolah
Perbaikan penulisan judul karangan tersebut sesuai
EYD adalah ...
A.Pentingnya Pendidikan Keterampilan di
Sekolah
B.Pentingnya pendidikan keterampilan di
sekolah
C.Pentingnya Pendidikan Keterampilan Di
Sekolah
D.Pentingnya PENDIDIKAN KETERAMPILAN di
sekolah
E.”Pentingnya pendidikan keterampilan di
sekolah”
27.Cermati kutipan karya tulis berikut!
Ada tujuh agenda di mana akan diambil untuk mengantisipasi ataupun
mengatasi daripada persoalan ekonomi yang mana bakal muncul tahun ini. Tujuh agenda itu adalah mengatasi risiko
pengangguran baru, mengelola inflasi, menjaga pergerakan sektor riil,
mempertahankan daya beli, melindungi kelompok di garis kemiskinan, memelihara
kecukupan pangan dan energi, serta memelihara angka pertumbuhan ekonomi yang
pantas.
Perbaikan kalimat yang tercetak miring dalam
kutipan tersebut adalah ...
Ada tujuh agenda di mana akan diambil
untuk mengantisipasi ataupun mengatasi daripada persoalan ekonomi yang
bakal muncul tahun ini.
Ada tujuh agenda yang akan diambil
untuk mengantisipasi ataupun mengatasi persoalan ekonomi yang bakal muncul
tahun ini.
Ada tujuh agenda di mana akan diambil
untuk mengantisipasi ataupun mengatasi persoalan ekonomi yang mana bakal
muncul tahun ini.
Ada tujuh daripada agenda di mana akan
diambil untuk mengantisipasi ataupun mengatasi persoalan ekonomi yang mana
bakal muncul tahun ini.
Ada tujuh daripada agenda di mana
akan diambil untuk mengantisipasi ataupun mengatasi persoalan ekonomi
bakal muncul tahun ini.
28.Cermati kutipan bahasa karya tulis berikut!
Untuk mengembalikan
kepribadian diri seutuhnya berarti dapat menggunakan kekuatan diri yang
sebenarnya, pertama kita perlu melihat secara serius ke dalam diri sendiri
terlebih dahulu. Lihatlah dan pelajarilah, siapakah diri sebenarnya. Dengan
mengetahui diri sendiri saat ini, dapat melakukan langkah-langkah ke depan yang
sesuai untuk mencapai diri sendiri yang seutuhnya. Tujuannya adalah mencapai
hidup yang selaras dan serasi dengan tetap menjaga keseimbangan pikiran,
perasaan, keahlian untuk mencapai apa yang dicita-citakan, akan merasa takjub
dengan perubahan yang dialami.
Bahasa yang tepat untuk mengganti bahasa kias yang bergaris bawah dalam kutipan
karangan ilmiah tersebut sehingga bermakna lugas adalah ... .
kekayaan, peninjauan
kepintaran, pembuktian
kesanggupan, penerapan
kecerdasan, pengoreksian
potensi, introspeksi
29.Cermati topik dan kalimat penjelas berikut!
Topik paragraf: hakikat pendidikan pembangunan peradaban
bangsa yang sangat dinamis
Kalimat penjelas:
(1)Pendidikan
pada hakikatnya merupakan proses pembangunan peradaban bangsa yang sangat
dinamis.
(2)Tanggung
jawab utama mendidik anak berada di tangan orang tuanya hingga mereka siap
memasuki usia sekolah.
(3)Oleh
karena itu, pendidikan harus bertumpu pada konsep pertumbuhan, pengembangan,
dan kelangsungannya sehingga penyelenggaraan pendidikan harus dikelola secara
profesional.
(4)Mengingat
perannya yang sangat strategis dalam proses pembangunan peradaban bangsa, maka
bidang pendidikan perlu komitmen nasional.
(5)Seorang
guru harus memahami bahwa anak didik mereka memiliki keterampilan yang beragam
dengan kompetensi yang beragam pula.
Kalimatpenjelas yang sesuai topik adalah nomor ... .
(1),
(3), dan (4)
(1),
(3), dan (5)
(2),
(3), dan (4)
(2),
(4), dan (5)
(3),
(4), dan (5)
30.Topik karangan ilmiah : Pengaruh sistem informasi
(SI) perusahaan melakukan bisnis
Kalimat latar belakang sesuai dengan topik
tersebut adalah ...
A.Berbagai upaya telah dilakukan terhadap
mengubah cara perusahaan melakukan bisnis yangmengakibatkan banyak hal-hal baru terjadi dalam suatu organisasi.
B.Perusahaan harus memiliki disiplin agar
memiliki manajemen yang teratur dan dapat dihargai oleh pesaingnya sesama
pelaku bisnis.
C.Padamasasekarang,sisteminformasi (SI) telah mengubah cara perusahaan melakukanbisnis yang mengakibatkan banyak hal-hal baru
terjadi dalam suatu organisasi.
D.Secara tradisional, manajemen dan
akademisi memandang peranan SI sebagai fungsipendukung dalam operasi perusahaan.
E.Sistem informasi mampu mengubah bentuk
organisasi, mampu mengubah cara perusahaan dalam beroperasi dan mampu mengubah
cara perusahaan dalam bersaing.
Cermati kutipan hikayat
berikut untuk soal nomor 32 s.d. 34!
Hatta beberapa lamanya sampailah umur Sadalab itu
dua belas tahun, maka oleh Khojah Astor diserahkannya mengaji pada seorang
mualim. Adapun akan Sadalab itu terlalu sangat takabur hatinya, lagi
perangainya pun terlalu amat jahat. Dengan beberapa tipu daya mualim itu
mengajar dia, tidak juga ia menurut kata gurunya itu.
Sebermula maka datanglah pada suatu hari, Sadalab
pun berkelahi dengan seorang budak temannya yang bersama mengaji itu. Maka
dipukul oleh Sadalab kepada budak itu dengan lohnya (meja kecil), pecah kepala
budak itu, berhamburan darahnya. ...
Setelah dilihat oleh Khojah Astor orang itu datang
membawa anaknya, maka ia pun segeralah turun mendapatkan bapak budak itu dengan
takzimnya. Maka oleh Khojah Astor serta dipeluknya leher bapak budak itu,
seraya katanya “Hai Saudaraku! Terlalu sekali takjub perbuatan anak hamba ini.
Melainkan maaflah Tuan hamba. Bahwa yang kesalahan anak hamba dan dalam hati
hamba, yang anak tuan hamba itu seperti anaklah kepada hamba.”
Maka tatkala Khojah Astor berkata-kata itu, sangat
merendahkan dirinya serta dibaikinya hatinya hati orang itu; maka marahnya pun
hilanglah, kepada hatinya kasihan melihat laku Khojah Astor itu, ...(Hikayat
Bayan Budiman)
31.Isi cerita dalam kutipan tersebut adalah
...
A.Anak Khojah Astor bernama Sadalab
berkelahi dengan temannya dan Khojah Astor meminta maaf kepada orang tua anak
itu dan mengakui bahwa Sadalab-lah yang besalah.
B.Sadalab sudah berumur dua belas tahun dan
diserahkannya mengaji pada seorang mualim untuk mengajarinya mengaji secara
tekun.
C.Sadalab itu terlalu sangat sombong, amat
jahat dan tidak mau mematuhi nasihat orang tuanya, apalagi mendengar nasihat
guru ngajinya.
D.Dengan beberapa tipu daya mualim mengajar
Sadalab, tetapi ia tidak juga menurut kata gurunya sedikit punmalah dia ajak berkelahi.
E.Sadalab berkelahi dengan seorang budak
teman mengaji itu sehingga pecah kepala Sadalab olehtemannya itu, dan darahnya bercucuran.
32.Nilai moral yang terkandung dalam kutipan
tersebut adalah ...
A.Kewajiban orang tua yang mendidik anaknya
bila sudah berumur dua belas tahun dan juga mengajarkan sopan santun, mengaji,
dan beribadah lainnya.
B.Perilaku Khojah Astor yang meminta maaf
kepada orang tua anak yang berkelahi dengan anak Khojah Astor dan mengakui
bahwa anaknyalah yang bersalah.
C.Guru ngaji Sadalab sangat sabar menghadapi
kelakuan murid-murid ngajinya dan tidak henti-hentinya menasihati muridnya
dengan kasih sayang.
D.Ibu Sadalab bernama Khojah Astor tidak mau
meminta maaf kepada orang tua anak yang berkelahi dengan anaknya dan tidak
mengakui kesalahan anaknya.
E.Perilaku Khojah Astor yang selalu
melindung anaknya dalam perkelahian, dan enggan meminta maaf kepada orang tua
anak tersebut.
33.Amanat yang terdapat dalam kutipan
tersebut adalah ...
A.Seorang anak harus meminta maaf kepada
orang tuanya atas kesalahan yang telah dilakukannya.
B.Bila seorang anak melakukan kesalahan, orang
tua hendaknya jangan melindunginya atas kesalahannya.
C.Berilah kasih sayang yang tulus kepada
anak dan bimbinglah mereka agar mereka merasa diperhatikan.
D.Meminta maaflah apabila merasa bersalah
kepada seseorang dan terimalah permintaan maaf orang tersebut.
E.Janganlah terlalu memanjakan anak karena
akan menjadikan anak tersebut nakal dan suka berkelahi dengan temannya.
Cermatilah kutipan berikut untuk menjawab nomor 35 s.d. 37!
Sukri menanti bis melintas di halte. Dia gemas
melihat skuter melintas. Dia benci melihat kendaraan itu. Dia raba pisau belati
di pinggangnya. Dia buka pintu pagar rumah Sumarni. Dia lihat skuter itu. Dia
lihat Sumarni menerima pemuda pengendara skuter di ruang tamu. Dia melompat ke
balik semak-semak bunga mawar. Dia dengarkan percakapan Sumarni dan pemuda
pengendara skuter di ruang tamu.
“Kau cantik Sumarni. Baru saja aku melihatmu, aku
telah mencintaimu. Benarkah bahwa kau belum mempunyai kekasih?”
Sukri
Membawa Pisau Belati, Hamsad Rangkuti
34.Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan
tersebut adalah ... .
A.orang pertama
sebagai pelaku utama
B.orang ketiga sebagai pelaku utama
C.orang ketiga serba tahu
D.orang pertama sebagai pelaku sampingan
E.orang ketiga terfokus
35.Pernyataan yang menunjukkan bahwa Sukri seorang yang berwatak cemburu adalah ...
A.Sukri gemas, benci,
dia buka pintu, dia melompat, sakit mendengar ucapan pemuda bersama Sumarni.
B.Sukri gemas, ke
balik semak-semak, masuk ke tengah ruangan, mendengar ucapan pemuda bersama
Sumarni.
C.Sukri gemas, ke
balik semak-semak, meraba pisau di pinggangnya, mendengar ucapan pemuda bersama
Sumarni.
D.Sukri gemas, dia
melompat, meraba pisau di pinggangnya, berkelahi dengan pemuda bersama Sumarni.
E.Sukri gemas, benci,
meraba pisau di pinggangnya, mendengar ucapan pemuda bersama Sumarni.
36.Pendeskripsian watak Sukri dalam kutipan tersebut melalui ... .
dialog
antartokoh
secara
langsung
pikiran-pikiran
tokoh
tanggapan
tokoh lain
keadaan
di sekitar tokoh
Cermatilah kutipan berikut
untuk menjawab nomor 38 s.d. 41!
“Kau
cantik Sumarni. Baru saja aku melihatmu, aku telah mencintaimu. Benarkah bahwa
kau belum mempunyai kekasih?”
“Kalau
kau sungguh-sungguh mencintaiku, dekaplah aku erat-erat. Aku belum mempunyai
kekasih. Aku masih murni. Aku belum mengenal seorang pemuda pun secara intim.
Kaulah satu-satunya pemuda yang menimbulkan getaran lain di hatiku. Bagiku,
seperti kurasakan saat ini, kau adalah kekasih tercinta.”
Sukri di
dalam semak-semak mawar meraba pisau belati di pinggangnya. Dia sakit mendengar
ucapan itu. Dia melompat dari dalam semak-semak. Dia masuk ke tengah ruangan.
Sumarni kaget melihat itu. Mukanya merah menahan malu. Pemuda yang memiliki
skuter itu terperanjat. Sikap Sukri mengundang perkelahian.
Sukri
Membawa Pisau Belati, Hamsad Rangkuti
37.Konflik dalam diri Sukri dalam kutipan tersebut adalah ... .
A.perasaan gelisah dan bercampur was-was
tehadap Sumarni
B.rasa penyesalan Sukri yang berkepanjangan
terhadap Sumarni
C.kesedihan yang mendalam yang dalam
dirasakan oleh Sukri
D.rasa sakit hati Sukri kepada Sumarni dan
pemuda bersama Sumarni
E.perasaan benci Sukri kepada dirinya
sendiri dan diri Sumarni
38.Penyebab konflik pada diri Sukri dalam kutipan tersebut adalah ...
.
A.Sumarni jatuh cinta kepada pemuda lain
B.Kekasih Sukri menghina diri Sukri
C.Sumarni tidak mau bertemu dengan Sukri
D.Sukri dilarang mengingat-ingat Sumarni
E.Sumani memuji-muji pemuda lain
39.Akibat konflik pada Sukri adalah ...
A.Sukri pergi meninggalkan Sumarni dengan
perasaan marah.
B.Sukri masuk ke tengah ruangan menemui
Sumarni dan pemuda.
C.Sukri sangat menyesal telah datang ke rumah
Sumarni dan bertemu pemuda.
D.Sukri berjanji akan berusaha untuk
melupakan Sumarni secepat mungkin.
E.Dengan rela Sukri harus melepaskan Sumarni
ke tangan pemuda lain.
40.Bukti bahwa latar suasana emosional dalam kutipan tersebut adalah ...
Sukri
berusaha menahan malu sekuat tenaganya.
Sukri
berkelahi untuk mempertahankan cintanya.
Sukri
meraba pisau belati di pinggangnya.
Sumarni
akan segera diputuskan Sukri.
Sukri
tidak henti-hentinya memaki diri sendiri.
Cermatilah kutipan drama
berikut untuk nomor 42 dan 43!
(1)Tati:Wah, selamat ya Maryam (menjulurkan tangan kepada Maryam).
(2)Maryam:Ada apa ini Tat, kamu mengucapkan selamat sama
aku?
(3)Tati:Kamu tahun ini menjadi bintang kelas lagi,
hebat kamu, belum ada yang dapat menyaingi kamu, Mar. Aku sangat kagum sama
kamu, pintar, tidak sombong(menepuk bahu Maryam).
(4)Maryam:Ya, terima kasih Maryam, tapi janganlah
terlalu berlebihan menilai aku, Tat. Seperti sudah kamu ketahui, Tat, aku ingin
sekali melanjutkan sekolahku ke perguruaan tinggi agar kelak aku dapat
mnghidupi keluargaku.
(5)Tati:Mulia sekali itu, Tat, tapi kelak jangan
sombong ya, sepertikata peri bahasa,
”...”
41.Peribahasa yang tepat untuk melengkapi
dialog Tati nomor (5) adalah ...
A.Tak ada akar rotan pun jadi, tak emas
bungkal diasah, tak jenjang kayu dikeping.
B.Biar hidup berkalang tanah, biar mati
berkalang bangkai.
C.Karena hati mati, karena mata buta, karena
jantung binasa.
D.Berguru kepalang ajar, bagai bunga kembang
tak jadi.
E.Gantungkan cita-citamu setinggi langit,
rendahkan hatimu serendah dasar lautan.
42.Hal yang diungkapkan dalam kutipan drama
tersebut adalah ...
A.Prestasi seorang siswa yang senantiasa
mempertahankan prestasi tersebut dengan belajar bersungguh-sungguh.
B.Maryam siswa yang berprestasi, tidak
sombong, dan ingin menyenangkan keluarganya jika kelak berhasil.
C.Maryam siswa yang hidup serba
berkekurangan, tetapi dia akan berusaha untuk membahagiakan keluarganya.
D.Seorang teman yang selalu memberi dorongan
dan semangat kepada temannya atas prestasi yang diperoleh temannya.
E.Keakraban dua orang teman yang senantiasa
saling memuji dan memberikan semangat belajar yang tenggi.
43.Cermatilah paragraf berikut!
Kamu jangan memberi tahu
rahasia ini kepada Narsih. Saya tidak percaya lagi kepadanya sejak kejadian
itu. Dia ”...”, membeberkan rahasia keluarga saya kepada teman-teman kita di
sekolah ini sehingga teman-teman menjadi tahu masalah keluarga saya. Saya malu
sekali.
Ungkapan yang tepat untuk mengisi bagian yang
rumpang dalam paragraf adalah ... .
A.panjang kalam
B.panjang ingatan
C.panjang lanjut
D.panjang belit
E.panjang lidah
44.Cermati puisi berikut!
SELAMAT
TINGGAL
Aku berkaca
Ini muka penuh luka
Siapa punya?
Kudengar seru
menderu
- dalam hatiku?
-
Apa hanya angin
lalu?
Lagu lain pula
Menggelepar
tengah malam buta
Ah....!!
Segala menebal, segala mengental
Segala tak kukenal....!!
Selamat tinggal....!!
oleh Chairil Anwar
Maksud isi puisi tersebut adalah ... .
A.Perbuatan baik dan buruk seseorang, kelak
akan diberikan imbalan, serta akan diminta pertanggungjawaban sesuai dengan
perbuatannya.
B.Luka hati yang sangat hebat dirasakan oleh
seseorang atas perbuatan yang dilakukannya sendiri dan dia menyesali atas semua
yang dilakukannya itu.
C.Seseorang mencoba mengingat-ingat kembali
apa yang sudah dilakukannya sehingga berbagai hal yang sudah dilakukannya
muncul silih berganti.
D.Seseorang sangat sedih dan berdukacita
atas musibah yang telah menimpanya, tetapi dia sebetulnya tidak berdaya dan
harus menerima dengan tulus.
E.Seseorang menerima semua akibat atas
segala tindakan dan perbuatannya selama ini walaupun akibat tersebut sangat
berat dirasakannya.
45.Kata ”berkaca” yang bergaris bawah pada
larik pertama puisi tersebut bermakna ... .
A.pengambilan sikap
B.pengintrospeksian diri
C.pemacuan semangat
D.penginsafan diri
E.pemberontakan jiwa
46.Cermati kutipan puisi berikut!
DIPONEGORO
Di masa pembangunan ini
Tuan hidup kembali
Dan bara kagum menjadi api
Di depan sekali tuan menanti
Tak gentar. Lawan banyaknya seratus kali
Pedang di kanan, keris di kiri
....
MAJU
Ini barisan tak bergenderang-berpalu
Kepercayaan tanda menyerbu
Sekali berarti
Sudah itu mati.
(Chairil Anwar)
Majas yang tepat
untuk mengisi larik yang rumpang (bertitik) pada puisi tersebut adalah ... .
A.Berselempang semangat yang tak bisa mati
B.Kita harus tetap bersemangat dan jangan
malas
C.Semua manusia akan mati bila Tuhan
menghendaki
D.Kita tidak bisa memperkirakan berapa lama
usia kita
E.Hentikanlah pertikaian antarsesama manusia
47.Cermati kutipan gurindam berikut!
Bersungguh-sungguh engkau
memeliharakan tangan,
daripada segala berat dan ringan.
Maksud gurindam tersebut adalah ...
Janganlah mengangkat beban yang berat
agar tangan anda tidak rusak
Bila ingin berhasil, lakukanlah
usaha, baik besar maupun kecil.
Kita haruslah menghindari segala
perbuatan dosa, baik kecil maupun besar.
Orang yang ingin selamat, harus giat
dan rajin bekerja apa saja.
Hidup kita akan selamat bila selalu
ingat akan dosa kecil atau besar.
48.Cermatilah kutipan esai berikut!
Saya teringat akan Ayu Utami. Teringat akan
penilaian orang lain yang termasuk para pengarang dan kritikus tentang
karya-karyanya. Keraguan akan keaslian karya-karyanya. Sebelum itu saya juga
membaca karya-karyanya yang lain seperti “Larung” dan kumpulan esai-nya yang
dibukukan. Kesan saya yang pertama sesudah membaca buku-bukunya ternyata sama
seperti apa yang dijelaskan pelukis Frida Kahlo tentang Surealisme:
“Saya menemui seekor singa di dalam lemari pakaian
saya sendiri yang sangat biasa saya kunjungi setiap akan ganti pakaian. Dan
singa itu terlukis dalam pakaian-pakaian saya yang biasa, tidak mahal, mode
biasa saja, namun tiba-tiba menjadi luar biasa indahnya, mengagetkan sehingga
saya (dan juga teman-teman saya) tidak lagi percaya bahwa itulah pakaian saya,
dan bahkan mencurigai saya yang biasa berpakaian biasa yang jadi luar biasa
itu, saya curi dari orang lain. Pakaian yang memang milik saya sendiri itu
telah mempunyai tenaga magis yang membuat orang lain sukar percaya, curiga pada
saya yang sehari-hari berpakaian biasa tapi sekarang tampak begitu tampan yang
membikin sebagian orang lain iri dan tidak mau melihat saya yang biasa-biasa
saja tiba-tiba menjadi luar biasa.”
Hal yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut
adalah ...
A.Keraguan akan keaslian karya-karya Ayu
Utami, dikatakan Surealisme, sangat biasa namun dapat menjadi luar biasa
indahnya, dan mengagetkan.
B.Timbulnya kesan keraguan pembaca akan
keaslian karya-karya sastrawa sebelum membaca karya-karya mereka secara baik
dan mendalam.
C.Kesan pertama sesudah membaca buku-buku
karya seseorang ternyata sama seperti apa yang dijelaskan pengarang dalam
bukunya.
D.Sesuatu yang sangat biasa ditemukan dalan
karya-karya Ayu Utami, biasanya ditanggapi dengan hal-hal biasa pula oleh
pembaca.
E.Karya-karya seorang pengarang dikatakan
berarti, menarik, dan indah apabila tiba-tiba menjadi luar biasa indahnya.
49.Bacalah penjelasan buku berikut!
Karya-karya Putu Wijaya,
merupakan antitesis dari tulisan Pramoedya: fantastik dan bersifat tidak
langsung, dan Putu mencampur hal tersebut dengan pinjaman-pinjaman liberal dari
tradisi Bali dan Jawa. Mangunwijaya merajut acuan dan analogi wayang ke dalam wacana
yang sebagian besar realis, sementara Putu Wijaya mengambil lisensi besar
sekali dengan Mahabarata dalam narasi-narasinya yang diskursif dan fantastik.
Tetralogi itu ditulis dalam tradisi realisme yang murni, dengan mencerminkan
keterlibatan Pramoedya pada proyek modernis dan penolakannya terhadap banyak
unsur kebudayaan regional “feodal” yang ia anggap bertentangan dengan kemajuan
bangsanya (halaman 252). Suara pengarang itu hadir karena memang diajukan Putu
dalam novel-novelnya yang juga ia ajukan dalam esai dan wawancaranya guna
mengerti makna dan keberadaan manusia (halaman 255).
Kalimat kritik yang sesuai isi penjelasan tersebut
adalah ...
A.Karya-karya Putu Wijaya, merupakan
antitesis dari tulisan Pramoedya dengan pinjaman-pinjaman liberal dari tradisi
Bali dan Jawa dan mengambil lisensi Mahabarata dalam narasi-narasinya yang
diskursif dan fantastik.
B.Antitesis dari tulisan Pramoedya:
fantastik dan bersifat tidak langsung, dan Putu mencampur hal tersebut dengan
pinjaman-pinjaman liberal dari tradisi Bali dan Jawa, dan banyak merajut acuan
dan analogi wayang.
C.Putu Wijaya ke dalam wacana yang sebagian
besar realis, mengambil lisensi besar sekali dengan Mahabarata dalam
narasi-narasinya yang diskursif dan fantastik, tetralogi itu ditulis dalam
tradisi realisme yang murni.
D.Dengan mencerminkan keterlibatan Pramoedya
pada proyek modernis dan penolakannya terhadap banyak unsur kebudayaan regional
“feodal” yang ia anggap bertentangan dengan kemajuan bangsanya.
E.Suara pengarang itu hadir karena memang
diajukan Putu dalam novel-novelnya yang juga ia ajukan dalam esai dan
wawancaranya guna mengerti makna dan keberadaan manusia dalam arti yang benar.
50. Bacalah penjelasan buku berikut!
Kesan yang
biasa dijumpai saat membaca sebuah novel ”thriller”
adalah suasana kecemasan dan ketercekaman. Akan tetapi, kenapa masih tetap saja
ada pembaca yang “gandrung” suasana semacam itu, padahal akan membuat bulu
kuduk berdiri dan dicekam “ketakutan” saja?
Mungkin, jawabnya karena rasa ketakutan
yang dicipta pengarang masih sebanding lurus atau bahkan masih dikalahkan oleh
rasa ingin tahu pembaca yang menggebu-gebu untuk mengetahui ending cerita Perfume. Akibatnya, suasana seperti bau busuk, leleran darah, dan
kekejaman pembunuhan dirasa tak perlu lagi ditakuti. Rasa penasaran sudah
mengalahkan ketercekaman. Justru pembaca seakan dibaluri ketertarikan aneh yang
tak bisa dijelaskan dengan mudah karena rasa ingin tahu terhadap ending cerita kerap membungkam kengerian
itu. Karena itu, jika novel thriller
tak berpretensi menciptakan keterpesonaan seperti itu, pasti akan gagal memikat
pembaca. Tidak mustahil, novel tersebut akan dibuang di kolong ranjang karena
hanya mencipta ketakutan semata.
Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan buku
sesuai dengan penjelasan tersebut adalah ...
A.Pembaca yang penakut, akan menjadi tidak
penakut lagi setelah membaca cerita ini karena dapat mengobati penyakit penakut
orang tersebut setelah selesai membaca cerita Perfume.
B.Pendekripsian akibat suasana seperti bau
busuk, leleran darah, dan kekejaman pembunuhan dirasa tak perlu lagi ditakuti
karena digambarkan secara alami dan penyajiannya wajar seperti apa adanya.
C.Isi novel sulit dipahami karena disajikan
secara berbelit-belit dan dipenuhi dengan suasana mencekam, keanehan karena
ceritanya banyak terkait dengan ilmu gaib kesadisan, dan sebagainya.
D.Penyajian cerita lebih ke dunia kengerian;
banyak menciptakan keterpesonaan seperti itu, pasti berhasil memikat pembaca
yang menyukai dunia keanehan, tetapi berakhir dengankegembiraan.
E.Novel Perfume
ini tergolong ”thriller” karena
suasana kecemasan pada pembaca dan membuat bulu kuduk berdiri, tetapi itulah
yang membuat keingitahuan dan kemenarikan cerita.
0 komentar:
Posting Komentar